Langsung ke konten utama

KASUS ILMU GIZI DASAR


KASUS

Pak Ahmad (41 tahun) hidup berbahagia dengan 2 anaknya, Mardiah (15 tahun) dan Andi (10 tahun), serta istrinya Rahmah (33 tahun) yang dicintainya. Pak Ahmad bekerja sebagai guru SD yang tidak begitu jauh dari rumahnya.
  Di sore hari, pak Ahmad menggunakan waktu sorenya untuk berkebun.  Berbagai jenis sayuran ditanamnya.  Ada juga beberapa pohon buah-buahan yang tumbuh di sekitar rumahnya.  Semua hasilnya dikonsumsi sehari-hari bahkan dibagi kepada beberapa tetangganya.  Untuk lauk pauk, keluarga pak Ahmad sering memberi ikan yang ditawarkan oleh penjual setiap pagi.  Jarang sekali keluarga ini mengkonsumsi daging dan telur, kecuali pada hari-hari tertentu, seperti pesta perkawinan dan lebaran.
Umumnya pak Ahmad mengkonsumsi sarapan nasi bersama lauk sebelum berangkat ke tempat kerjanya.  Di siang hari, umumnya istrinya menyiapkan nasi, beserta ikan bakar kesukaannya, dan sayur yang seringkali dimasak bersama santan kelapa.  Hampir setiap hari pak Ahmad dan keluarga menikmati buah dari kebunnya dan kadang, saat ketersediaannya melimpah, sebagian hasil sayur dan buahnya dijualnya ke pasar. Di malam hari, pak Ahmad menikmati makan malam bersama ke dua anaknya dan istrinya.  Umumnya dihindangkan nasi bersama ikan serta sayur yang telah dimasak di siang harinya.
Dari status kesehatan, pak Ahmad termasuk sehat, walaupun pernah didiagnosis dengan kadar gula darah agak tinggi (Pradiabetes). Kebetulan dengan aktifitasnya berkebun dan status gizi IMT=24 membuat pak Ahmad bisa cepat pulih setelah mengurangi jumlah nasi yang dikonsumsi setiap kali makan.  Kedua anaknya termasuk cukup cerdas dan punya status gizi yang normal dan ke duanya senang mengkonsumsi sayur dan buah dari hasil kebunnya.  Disamping itu, keluarga pak Ahmad menggunakan Garam Beryodium dalam makanan sehari-hari.  Yang biasanya mengeluh sakit adalah istri pak Ahmad.
Suatu hari, pak Ahmad menemukan istrinya tergeletak di depan kamarnya.  Saat dibawa ke Puskesmas, istrinya dinyatakan positif hamil 4 bulan dan menderita anemia tingkat ringan.  Kondisi Istrinya yang agak kurus (IMT=17) sangat dikhawatirkan dokter.  Apalagi istri pak Ahmad tidak doyan mengkonsumsi sayur dan buah seperti anak-anaknya.  Berbagai upaya dilakukan pak Ahmad agar istrinya mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dari biasanya.  Dokter juga mengingatkan pak Ahmad agar memperhatikan kebutuhan air buat istrinya disamping istrahat yang cukup.


1.        Menurut Anda, apakah keluarga pak Ahmad telah menerapkan prinsip Gizi Seimbang dalam konsumsi makanannya? Jelaskan.
Jawab:
Menurut saya keluarga Pak Ahmad belum menerapkan prinsip Gizi Seimbang dalam konsumsi makanannya.
·         Setiap hari keluarga Pak Ahmad hanya mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat, ikan bakar sebagai sumber protein, santan pada sayur sebagai sumber lemak, buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral. Keluarga Pak Ahmad belum menerapkan prinsip makanlah aneka ragam makanan.
·         Pak Ahmad pernah didiagnosis Pradiabetes dengan IMT=24. Hal ini menunjukkan adanya risiko diabetes. Sebaliknya Ibu Rahma memiliki IMT dibawah normal. Keluarga ini juga sering mengkonsumsi sayur yang dimasak bersama santan kelapa. Kandungan lemak pada santan sangat tinggi. Dalam 100 ml santan atau dari 100 gr kelapa parut ternyata menyumbang kolesterol hampir sebanyak 90%. Keluarga Pak Ahmad belum menerapkan prinsip makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi, makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi.
·         Ibu Rahma menderita anemia dan ia juga tidak doyan mengkonsumsi sayur. Padahal sayur banyak mengandung zat besi terutama sayur bayam. Ibu Rahma belum menerapkan prinsip makanlah makanan sumber zat besi.
·         Ibu Rahma belum menerapkan prinsip minumlah air bersih dan aman yang cukup jumlahnya. Dokter mengingatkannya untuk memperhatikan kebutuhan air.
2.        Apa bedanya konsep Gizi Seimbang dengan konsep Empat Sehat Lima Sempurna? Mengapa lebih banyak masyarakat yang tahu empat sehat lima sempurna dibanding gizi seimbang?
Jawab:
Perbedaan Empat Sehat Lima Sempurna dan konsep Gizi Seimbang adalah
·         Empat Sehat Lima Sempurna menekankan pada makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah, dan susu. Maka Gizi Seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pedoman Gizi Seimbang memperhatikan 4 prinsip, yaitu variasi makanan, pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta memantau berat badan ideal.
·         Konsep Empat Sehat Lima Sempurna (4S 5S) menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang, Pedoman Gizi Seimbang (PGS) berprinsip bahwa tiap golongan usia, jenis kelamin, kesehatan dan akitifitas fisik memerlukan PGS yang berbeda, sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok tersebut.
·         Di samping itu, PGS menekankan pula proporsi yang berbeda untuk setiap kelompok yang disesuaikan atau diseimbangkan dengan kebutuhan tubuh.
·         Perbedaan lainnya, PGS tidak memberlakukan susu sebagai makanan sempurna, melainkan ditempatkan satu kelompok dengan sumber protein hewani lain.
Masyarakat lebih mengenal 4S5S karena sejak tahun 1950 Prof Poerwo Soedarmo mencetuskan gagasan  yang isinya mengacu pada konsep Basic Four, sebuah pedoman pola makan ala Amerika. Agar mudah diingat setiap orang, konsep tadi diberi julukan baru, bernama Empat Sehat Lima Sempurna. Sejak saat itu, slogan Empat Sehat Lima Sempurna menjadi “materi wajib” yang digaungkan di mana-mana. Mulai dari kelompok ibu-ibu rumah tangga, anak-anak sekolah, hingga kalangan akademis.
3.   Menurut Anda, faktor-faktor apa saja yang ada dalam keluarga pak Ahmad yang terkait dengan penyediaan makanan di tingkat keluarga? (sebutkan minimal 10 faktor)

       Jawab: 
      Menurut saya faktor-faktor yang mempengaruhi penyediaan makanan di keluarga Pak Ahmad antara lain:
·         Faktor ketersediaan pangan
·         Faktor ekonomi
·         Faktor kesukaan
·         Faktor budaya
·         Faktor pendidikan
·         Faktor perilaku
·         Faktor kepercayaan
·         Faktor sosial
·         Faktor kesehatan
·         Faktor keterampilan ibu
4.        Selain zat gizi, faktor non-gizi yang dikenal dengan Phyto-chemical agent (fitokimia) sangat diperlukan oleh tubuh kita.  Sebutkan jenis-jenis fitokimia yang diketahui mencegah penyakit kanker?
Jawab:
Jenis-jenis fitokimia yang diketahui dapat mencegah penyakit kanker antara lain:
·         Karotenoid adalah pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Karotenoid ini bermanfaat mencegah serangan jantung, stroke, kebutaan, beberapa jenis kanker dan memperlambat penuaan.
·         Beta Karoten. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan karotenoid. Beta karoten terdapat pada buah dan sayur berwarna kuning seperti mangga, pepaya, wortel, labu dan juga pada sayuran hijau.
·         Isoflavon pada kedelai memperkecil risiko terkena kanker payudara
·         Likopen pada tomat menurunkan risiko terserang kanker prostat
·         Sulforafen terdapat pada kembang kol, brokoli dan kubis mencegah risiko kanker usus besar
·         Limonen ditemukan pada bagian kulit dan selaput putih buah dalam kelompok jeruk seperti jeruk orange, mandarin, limau, lemon, jeruk nipis berfungsi melindungi paru-paru dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker
·         Asam ellagat dijumpai pada anggur merah, kiwi, dan strawberi berfungsi menurunkan risiko kanker dan kolesterol.
·         Resveratrol mencegah penyakit jantung, kanker, penyumbatan darah dan stroke. Resveratrol terdapat pada anggur merah dan jus anggur merah.
·         Quersetin mengurangi peradangan akibat alergi, menghambat pertumbuhan kanker di kepala, leher dan melindungi paru-paru dari efek polutan. Quersetin terdapat pada apel, pear, anggur, selada, brokoli, teh hijau dan anggur merah.
·         Flavonoid merupakan anti oksidan yang menetralisir radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh kita. Radikal bebas dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Flavonoid dapat ditemukan pada jeruk, kiwi, apel, anggur merah, brokoli dan the hijau.
·         Zeaxanthin ini mencegah degenerasi molecular dan kanker. Zeaxanthin terdapat pada jagung dan bayam.
5.        Makanan yang kita konsumsi harus halal lagi baik. Apa saja kriteria makanan disebut halal? Sebutkan jenis makanan yang Anda khawatirkan kehalalannya? Bagaimana hal ini dihubungkan dengan penyakit yang ada di Indonesia.
Jawab:
Makanan halal seperti yang disebutkan dalam pasal 1 angka (5) PP RI Nomor 69 Tahun 1999, yaitu:
“Pangan halal adalah pangan yang tidak mengandung unsur atau bahan yang haram atau dilarang dikonsumsi umat Islam, baik yang menyangkut bahan baku pangan, bahan tambahan pangan, bahan bantu dan bahan penolong lainnya termasuk bahan pangan yang diolah melalui proses rekayasa genetika dan iradiasi pangan, dan yang pengelolaannya dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum agama Islam”.
Kriteria makanan disebut halal, yaitu :
·         Baik, bergizi, dan tidak mengandung penyakit
·         Bermanfaat bagi tubuh.
·         Tidak kotor, tidak basi, dan tidak najis.
·         Tidak menjijikkan dan tidak tercemar dengan yang haram.
·         Tidak memabukkan dan tidak merusak akal.
·         Tidak merusakkan organ tubuh.
·         Diperoleh dengan cara yang halal.
      Jenis makanan yang dikhawatirkan kehalalannya ialah khususnya makanan kemasan yang tidak diketahui proses pembuatannya serta pengemasannya yaitu: abon, sosis, beberapa produk coklat nugget, bakso, ice cream dan cake. Bisa saja makanan ini menggunakan zat-zat kimia yang dapat membahayakan tubuh misalnya formalin atau zat pewarna sisntetis yang dapat menyebabkan kanker. Produk yang tidak mempunyai label halal juga perlu diragukan karena mungkin komponen bahannya menggunakan shortening (mentega putih) maka perlu diwaspadai karena bukan tidak mungkin shortening ini berasal daril lemak babi. Contoh lain adalah permen lunak yang menggunakan gelatin. Bisa saja gelatin yang digunakan berasal dari turunan babi atau sapi yang proses penyembelihannya tidak sesuai syariat Islam. Dengan demikian, contoh produk yang tidak berlabel halal ini meragukan (syubhat) karena tidak ada yang menjamin kehalalannya
6.        Bila Anda makan, maka sebaiknya mencuci tangan, bahkan dianjurkan berwudhu terlebih dahulu.  Mengapa?  Apa hubungannya dengan penyakit menular yang masih banyak di Indonesia?
Jawab:
      Mencuci tangan dengan sabun bahkan dianjurkan untuk berwudh terlebih dahulu adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas). Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan binatang, ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan. Dengan mencuci tangan pakai sabun bisa mencegah diri dari terinfeksinya tangan oleh sejumlah bakteri dan virus yang bisa menimbulkan penyakit menular berbahaya seperti: diare, tipoid, flu burung dan flu baru H1N1.
7.        Apa saja sumber utama dari karbohidrat, lemak, dan protein dari pola makan keluarga pak Ahmad? Apakah sumber bahan makanan tersebut, dalam keluarga pak Ahmad, cukup bervariasi? Sumber utama dari pola makan keluarga Pak Ahmad
Jawab:
·           Karbohidrat: nasi
·           Lemak: santan kelapa pada sayur
·           Protein: ikan bakar
       Menurut saya, keluarga Pak Ahmad belum mengkonsumsi makanan yang bervariasi. Karbohidrat hanya diperoleh dari nasi, padahal karbohidrat dapat diperoleh juga dari jagung, singkong, kentang maupun roti. Keluarga Pak Ahmad juga jarang mengkonsumsi daging dan telur yang kita ketahui banyak mengandung protein. Dalam satu jenis makanan tidak hanya mengandung satu jenis zat gizi. Oleh krena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beraneka ragam makanan.
8.        Gambarkan mekanisme terjadinya Prediabetes yang diderita pak Ahmad?  Apa hubungannya penyakit ini dengan konsumsi nasi? Jelaskan.
Jawab:
       Prediabetes yang terjadi pada Pak Ahmad disebabkan konsumsi nasi yang sangat rutin dan kurangnya aktivitas yang pak Ahmad lakukan dalam hal ini olahraga. Hal ini didukung pula oleh kurangnya insulin yang dihasilkan dalam tubuh Pak Ahmad sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah dan urin pak Ahmad meningkat. Pre-Diabetes sangat berhubungan dengan konsumsi sumber karbohidrat karena pada seseorang yang mengalami Pre-diabetes maka metabolisma karbohidrat, lemak dan proteinnya akan terganggu. Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat yang mengandung cukup banyak glukosa sehingga jika dikonsumsi secara rutin dan tidak diimbangi dengan aktivitas seperti berolahraga makan dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi dan jika hormon insulin sesorang juga kurang maka kadar gula darah akan tetap tinggi sehingga dapat menyebabkan terjadinya diabetes.
9.        Pada keluarga ini, pak Ahmad menderita penyakit degeneratif, istrinya kekurangan gizi, dan anak-anaknya dengan status gizi normal.  Padahal mereka hidup dalam satu keluarga dengan pola makan yang sama.  Bagaimana hal ini dijelaskan?
Jawab:
       Hal ini dapat terjadi karena setiap individu membutuhkan zat gizi dalam ukuran tertentu. Kebutuhan akan zat gizi tersebut sangat tergantung dari umur, aktivas, jenis kelamin, dan kesehatan. Walaupun keluarga pak Ahmad memiliki pola makan yang sama tetapi kebutuhan zat gizi setiap anggota keluarga berbeda. Kebutuhan zat gizi pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan lebih tinggi daripada kebutuhan gizi orang dewasa begitupun dengan kebutuhan zat gizi ibu hamil lebih tinggi daripada wanita yang sedang tidak hamil. Kasus keluarga pak Ahmad menggambarkan bahwa untuk kebutuhan zat gizi anak mereka telah tercukupi tetapi sebaliknya untuk pak Ahmad sendiri ternyata mengalami kelebihan hal ini digambarkan status pak Ahmad sebagai pra-diabetes, berarti konsumsi energi pak Ahmad sangat berlebih sedangkan untuk istri pak Ahmad ternyata konsumsi zat gizinya kurang diakibatkan kebutuhan zat gizinya yang lebih besar karena status kehamilannya.
10.    Kelebihan konsumsi makronutrient (gizi makro) berakibat obesitas yang banyak diderita baik oleh masyarakat di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia.  Sebutkan upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi obesitas?
Jawab:
Obesitas atau kegemukan adalah ketidakseimbangan jumlah makanan yang masuk dibanding dengan pengeluaran energi oleh tubuh. Obesitas dapat menimbulkan berbagai penyakit serius, antara lain diabetes mellitus, hipertensi dan jantung. Risiko kematian yang disebabkan oleh diabetes yakni stroke, PJK, tekanan darah tinggi, kolesterol yang tinggi, ginjal, dan gallbladder disorders. Selain itu, obesitas ini juga disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, pola makan yang salah (terbiasa makan makanan berlemak tinggi), gaya hidup modern yang kurang gerak, stres yang dilarikan pada makanan, dan faktor keturunan.
Cara mengatasi obesitas bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:
·         Pilih dan konsumsi menu yang sehat, berserat tinggi, mengenyangkan, mempercepat metabolisme tubuh dan sekaligus yang mengurangi lemak tubuh.
·         Tetap makan tiga kali sehari tetapi porsi makan dikurangi dan kunyah makanan sampai halus.
·         Gantilah kebiasaan makan cemilan yang tidak mengandung gizi dan cenderung dapat memberi dampak buruk pada tubuh akibat kandungan gula, garam, lemak maupun kolesterol dengan banyak makan buah segar berkalori rendah.
·         Minum air putih 3-3,5 liter per hari, dan jika memungkinkan konsumsi pula air distilasi yang berguna untuk mengeluarkan sampah2 mineral yang tidak berguna dalam tubuh.
·         Rutin berolahraga misal 3 kali seminggu dan rajin dalam berolahraga fisik yang cukup serta bisa membuat badan kita mengeluarkan banyak keringat dan melelahkan, karena akan membakar lemak dalam tubuh kita.
11.    Indeks Glikemik (IG) adalah indeks yang memperlihatkan kecepatan tersedianya glukosa dalam darah dari makanan yang dikonsumsi.  Sebutkan masing-masing 5 jenis makanan yang mempunyai IG tinggi, IG sedang, dan IG rendah.
Jawab:
IG tinggi, rentang IG > 70 diantaranya : wortel, semangka, madu, rice instant, dan corn flakes.
IG sedang, rentang IG 55 – 70 diantaranya : beras merah, nasi putih, es krim, kismis, dan roti putih.
IG rendah, rentang IG < 55 diantaranya : Yogurt rendah lemak, kacang tanah, roti pisang, pisang, dan ubi jalar.
12.    Pemanis buatan seperti aspartam banyak tersedia di pasaran yang banyak digunakan oleh industri minuman.  Sebutkan 10 produk makanan yang menggunakan aspartam, dan sebutkan pula akibat yang bisa muncul dari konsumsi pemanis buatan ini?
Jawab:
       Beberapa produk minuman yang menggunakan aspartame diantaranya adalah: M-150, Hemaviton, Neo Hormoviton, Marimas, Hore, Frutillo, Segar Sari, POP ICE Es Blender, Segar Dingin, OKKY Jelly Drink. Adapun akibat dari mengkonsumsi aspartam ialah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang dan lupus. Aspartame juga biasanya berperan dalam susah membaca dan menulis, susah mengingat, sering lupa waktu, tempat bahkan orang lain yang pernah dia kenal. Banyak efek dari aspartam begitu serius termasuk kejang-kejang dan kematian. Efek lainnya yaitu: sakit kepala/migraine, pusing, sakit persendian, mual, mati rasa, kejang otot, kegemukan, gatal-gatal, depresi, kelelahan, lekas marah, tachycardia, insomnia, kebutaan, ketulian, jantung berdebar, sesak nafas, kecemasan, gangguan berbicara, kehilangan indra pengecap, telinga berdengung, vertigo, dan lupa ingatan.
13.    Sumber lemak dan protein sangat diperlukan oleh ibu Ahmad (dengan IMT yang rendah).  Berikan alternatif makanan yang mengandung lemak dan protein yang cukup dengan harga yang terjangkau oleh keluarga pak Ahmad.
Jawab:
·         Telur ayam merupakan yang paling umum dikonsumsi dan sangat bernutrisi tinggi. Telur ayam banyak mengandung berbagai jenis protein berkualitas tinggi termasuk mengandung semua jenis asam amino esensial bagi kebutuhan manusia.
·         Tempe adalah makanan hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri bermanfaat untuk kesehatan.
·         Pisang merupakan sumber karbohidrat tinggi selain kentang dan gandum. Kombinasikan pisang dengan whey protein dan konsumsi setelah latihan rutin sebagai solusi untuk menambah berat badan sekaligus massa otot.
·         Ikan teri mengandung protein. Ikan teri dipandang sebagai makanan rakyat, Ikan teri memiliki manfaat yang besar. Kandungan protein ikan teri mencapai 20 %. Bila ingin mengkonsumsi ikan teri, anda bisa mengolahnya dengan cara digoreng atau ditumis, tapi jangan terlalu lama pengolahannya agar kandungan protein dan kalsiumnya tetap dijaga.
14.    Hormon apa saja yang terlibat dalam pencernaan untuk ke tiga unsur gizi makro? Jelaskan mekanisme kerja hormon yang terkait dengan pikiran kita?
Jawab:
·         Human Growt Hormone (hGH). dihasilkan oleh kelenjar hipofisis anterior yang merupakan hormon pertumbuhan. hGH memiliki efek untuk cenderung meningkatkan glikogenolisis pada hati, lipolisis pada jaringan adiposa sehingga menimbulkan kelaparan sel seiring meningkatnya gula darah. Akan dihasilkan hormon stress yang merangsang rasa lapar. hGH juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan uptake asam amino pada sel dan mempercepat pembelahan sel.
·         Hormon tiroid. Hormon tiroid bekerja seiring dengan hormon pertumbuhan, hormon tiroid adalah hormon metabolisme yang dapat meningkatkan pemakaian karbohidrat, protein dan lemak untuk metabolisme yang menghasilkan energi, panas, dan ATP. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar tiroid dengan rangsangan TSH dari hipofisis. Kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid dapat menyebabkan metabolisme meningkat, tubuh menjadi panas, tremor dan kebutuhan makanan meningkat, tetapi berat badan tetap rendah karena makanan hanya menjadi energi untuk panas dan gerakan pada saat tremor.
·         Insulin. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Defek insulin pada pencernaan adalah, ketika gula darah meningkat, maka insulin akan menghambat absorbsi glukosa pada usus halus dan menginduksi lipogenesis dan glikogenogenesis.
·         Hormon adrenalin, dan nor adrenalin. Sistem pencernaan dipengaruhi oleh sistem syaraf otonom yang kerjanya dipengaruhi oleh hormon hormon ini. Efeknya dapat ke syaraf simpatis atau parasimpatis yang dapat meningkatkan atau menurunkan motilitas usus, meningkatkan atau menurunkan sekresi asam lambung dan efek efek lainya.
15.    Pada saat kita berpikir negatif atau kondisi stress, proses pencernaan bisa terganggu. Jelaskan bagaimana mekanisme kejadian ini? Penyakit apa saja yang bisa muncul dari keadaan ini?
Jawab:
       Stres akan mempengaruhi sistem saraf dalam tubuh. Ada dua sistem saraf yaitu simpatis (untuk merangsang) dan parasimpatis (untuk menenangkan). Jika seseorang stress maka yang saraf simpatis akan terangsang. Pencernaan (digestion) dikendalikan oleh sistem syaraf perut, sebuah sistem yang terdiri dari ratusan dari jutaan syaraf yang menghubungkan dengan sistem syaraf pusat kita. Ketika stress mengaktifkan respon perlawanan atau isyarat di dalam sistem syaraf pusat, pencernaan dapat menutup dikarenakan sistem syaraf pusat anda mematikan aliran darah, mempengaruhi kontraksi otot-otot pencernaan, dan menurunkan sekresi cairan yang diperlukan untuk perncernaan. Ada hubungan usus dengan otak karena stres memberikan impuls-impuls ke usus untuk meningkat gerakan peristaltiknya.
       Stress dapat menyebabkan inflamasi pada sistem gastrointestinal. Stress dapat menyebabkan terjadinya spasme (kejang) pada kerongkongan. Kejadian tersebut dapat meningkatkan kadar asam pada perut  dan menyebabkan gangguan atau kesulitan dalam mencerna makanan. Di bawah kondisi stres, penggilingan di dalam perut metutup dan terasa mual-mual. Stress atau tekanan bisa membuat usus besar bereaksi sehingga terjadi diare atau sembelit/konstipasi.
       Agar pencernaan tidak terganggu akibat stres, Anda bisa menenangkan pikiran dengan melatih teknik pernafasan secara teratur. Gangguan pencernaan akibat stres relatif tidak berlangsung lama sehingga dengan manajemen pernafasan, gangguan tersebut dapat diminimalisir.
16.    Puasa menjadikan proses pencernaan kita menjadi lebih baik.  Mohon dijelaskan.  Pada kondisi yang bagaimana seseroang dianjurkan untuk sering berpuasa?
Jawab:
       Puasa dikenal sebagai proses detoksifikasi alami. Detoksifikasi sendiri dapat diartikan sebagai proses pengeluaran racun atau zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Puasa menjadi salah satu metode efektif detoksifikasi karena meningkatkan proses alami pengeluaran racun dari dalam tubuh.
       Ketika seseorang menjalankan puasa lambungnya kosong. Kondisi ini membuat lambung bekerja lebih optimal saat berbuka puasa. Penyerapan nutrisi akan berjalan lebih efektif sehingga mengurangi risiko penimbunan sisa makanan atau nutrisi yang tidak berhasil terserap sempurna oleh tubuh. Tubuh pun tidak lagi menyimpan tumpukan sisa makanan yang bisa membusuk.
       Selain menjadi detoksifikasi yang efektif, berpuasa memberi waktu bagi organ tubuh, khususnya sistem pencernaan untuk beristirahat. Kerongkongan, lambung hingga usus bisa bekerja lebih baik dan maksimal jika sebelumnya sudah beristirahat dan tidak melakukan aktivitas mencerna sehingga metabolisme tubuh pun jadi lebih baik.
Kondisi seseorang dianjurkan untuk sering berpuasa yaitu :
·         Bagi penderita penyakit gula, puasa akan membuat gula darah cenderung turun, karena proses metabolisme dalam tubuh saat berpuasa.
·         Bagi penderita obesitas atau kegemukan, terutama obesitas sentral (obesitas yang lemaknya terkumpul di bawah perut), justru dianjurkan untuk berpuasa. Karena dengan puasa, energi yang digunakan berasal dari lemak yang menumpuk tadi, akibatnya jumlah lemak viseral menjadi berkurang.
·         Bagi penderita yang mempunyai tinggi kolesterol, trigliserida, saat berpuasa tubuh akan menggunakan lemak yang tersimpan berlebihan dalam tubuh, yang akhirnya kadar lemak dalam tubuh akan menjadi normal.
·         Bagi penderita dengan gangguan saluran cerna, berpuasa akan menyehatkan sistem pencernaan. Di waktu puasa, lambung dan sistem pencernaan akan istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama lebih kurang satu bulan.
·         Untuk penyakit maag, ada dua macam, penyakit lambung fungsional dan organik. Bagi mereka yang menderita penyakit lambung fungsional, kadang kala justru dengan puasa keluhannya akan berkurang. Maag jenis ini jika puasa akan sembuh karena makan jadi teratur. Namun, bagi penderita mag organik atau mag yang disebabkan timbulnya luka di lambung disarankan untuk berkonsultasi lebih dahulu ke dokter bila ingin berpuasa.
17.    Sebutkan sumber lemak jenuh dan lemak tidak jenuh ikatan tunggal yang bisa Anda tawarkan kepada keluarga pak Ahmad?
Jawab:
Sumber lemak jenuh dan lemak tidak jenuh ikatan tunggal yang bisa ditawarkan kepada keluarga Pak Ahmad, antara lain:
·         Lemak jenuh : minyak kelapa, kelapa sawit, minyak sayur
·         Lemak tidak jenuh tunggal : minyak zaitun, kacang tanah, buah-buahan seperti alpukat, biji-bijian, dan kedelai.
18.    Mengapa sumber lemak tidak jenuh ikatan rangkap dianggap mencukupi dalam keluarga pak Ahmad? Apakah ini terlihat memberi dampak positif terhadap keluarga pak Ahmad?
Jawab:
       Sumber lemak tidak jenuh ikatan rangkap dianggap mencukupi dalam keluarga pak Ahmad karena sehari-harinya keluarga pak Ahmad mengkonsumsi makanan hasil kebunnya, seperti kacang-kacangan sementara lemak tidak jenuh diperoleh dari kacang-kacangan. Hal ini memberikan dampak positif bagi kehidupan keluarga pak Ahmad karena lemak tak jenuh menyehatkan jantung mereka, mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL kolesterol (kolesterol baik).
19.    Sumber protein yang baik berasal dari hewani.  Selain daging, ikan dan telur, sebutkan sumber protein hewani lainnya yang bisa ditawarkan pada keluarga pak Ahmad?
Jawab:
Sumber protein hewani lainnya yang bisa ditawarkan pada keluarga pak Ahmad adalah susu, unggas, cumi-cumi, udang dan kerang.
20.  Berapa jumlah air yang harus dikonsumsi ibu Ahmad dalam sehati? Apa saja fungsi air dalam tubuh kita?
Jawab:
Jumlah air yang harus dikonsumsi Ibu Ahmad dalam sehari adalah 8-10 gelas per hari atau setara dengan 2,5 liter, sedangkan untuk ibu menyusui disarankan sebanyak 13 gelas per hari atau setara dengan 3 liter air.
Fungsi air dalam tubuh
·         Mengatur suhu tubuh;
·         Penting untuk aktivitas kimia dalam tubuh;
·         Pelarut untuk mineral, vitamin, asam amino, glukosa agar mudah diserap oleh tubuh;
·         Membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh sel tubuh;
·         Memastikan tubuh senantiasa bertenaga 
·         Bertindak sebagai penyerap hentakan di saraf tunjang dan organ dalam badan;
·         Meningkatkan metabolisme sel, mengeluarkan zat yang tidak berguna dalam tubuh.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan Fungsional

Sebenarnya, konsep makanan fungsional sudah ada sejak lama. Hippocrates yang merupakan Bapak Ilmu Kedokteran Modern sekitar 2500 tahun yang lalu pernah berkata: “ let your food be your medicine and let your medicine be your food” (gunakanlah makanan sebagai obatmu  dan obatmu sebagai makanan). Dalam filosofi Hippocrates tersebut, pada konsentrasi tertentu, makanan bisa menjadi obat dan obat bisa menjadi makanan. Namun, pada konsentrasi tinggi (berlebih atau overdosis), makanan dan obatjustru dapat menjadi racun bagi tubuh kita. Secara umum, makanan digunakan untuk tindakan pencegahan ( prevebtion ), sedangkan obat digunakan untuk tindakan pengobatan ( treatment ). Jadi konsep makanan fungsional lebih dititikberatkan pada tindakan pencegahan penyakit. Makanan fungsional atau sering pula disebut sebagai makanan kesehatan dapat berupa makanan segar atau makanan olahan yang dianggap memiliki sifat-sifat peningkatan kesehatan atau pencegahan penyakit di luar fungsi nutrisinya.

Syarat-Syarat Makanan Sehat

    Makanan yang sehat adalah makanan yang higenis serta banyak mengandung gizi. Makanan higenis, yaitu makanan yang tidak mengandung kuman penyakit dan tidak boleh bersifat meracuni tubuh serta lezat rasanya. Syarat-syarat itu adalah sebagai berikut Protein yang dikonsumsi harus mengandung kesepuluh asam amino utama, yaitu lisin, triptofan, histidin, penilalanin, leusin, isoleusin, threonin, metionin, valin, dan arginin. Harus cukup mengandung kalori. Harus cukup mengandung vitamin. Harus cukup mengandung garam mineral dan air. Perbandingan yang baik antara sumber karbohidrat, protein dan lemak.  Selain syarat-syarat tersebut diatas, agar memberikan kesehatan bagi tubuh, sebaiknya juga harus Mudah dicerna oleh alat pencernaan. Bersih, tidak mengandung bibit penyakit, karena hal ini tentu akan membahayakan kesehatan tubuh serta tidak bersifat racun bagi tubuh. Jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Tidak terlalu panas pada saat disantap. Makanan yang ter

Manfaat Rumput Gandum

         Banyak tanaman dikenal memiliki potensi untuk terapi kesehatan. National Institue of Health (NIH) Amerika melakukan survei pada 1000 tanaman (356 telah diuji klinis) terkait manfaat secara farmakologi dan efek terapi. Salah satu tanaman yang ditemukan memiliki efek terapi adalah rumput gandum. Rumput gandum kurang dikenal di Indonesia, padahal manfaatnya sudah lama diketahui di negara-negara lain.    Rumput gandum atau biasa dikenal dengan wheatgrass merupakan daun muda dari tanaman gandum yang termasuk famili gramineae. Rumput gandum memiliki kandungan zat gizi yang tinggi. Komponen paling penting yang terkandung dalam rumput gandum adalah klorofil. Semua tumbuhan hijau mengandung klorofil tetapi rumput gandum merupakan sumber terbaik dari klorofil.   Jus wheatgrass sebagai pengganti sel-sel darah merah secara alami. Wheatgrass memiliki semua komposisi yang dimiliki oleh hemoglobin. Pemberian asupan jus wheatgrass secara regular dapat menyembuhkan anemi