• Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.
  • Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.
  • Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id.

Rabu, 26 Desember 2012

BAHAN MAKANAN PENYUSUN JUNK FOOD


KELUARGA JUNK FOOD


Junk food adalah kata lain untuk makanan yang jumlah kandungan nutrisinya terbatas. Umumnya yang termasuk dalam golongan junk food adalah makanan yang mengandung sodium, saturated fat, kolesterol, gula, dan kalorinya tinggi, tetapi kandungan gizinya sedikit. Bila dalam tubuh jumlah ini banyak, maka akan menimbulkan banyak penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat misalnya hipertensi, stroke, jantung, dan kanker.


Sodium

Sodium adalah bagian dari garam yang banyak ditemukan pada makanan dan minuman kemasan. Banyak makanan kemasan atau kalengan itu berkadar sodium tinggi. Sodium banyak terdapat pada french fries (apalagi bila ditambah shakers), ayam goreng, burger, pizza, segala jenis snack kripik kentang, dan mie instan.

Tidak hanya makanan dan minuman, sayuran yang dikemas dan dijual dalam kaleng banyak mengandung zat ini. Keju pun tak bebas dari bahan sodium ini. Begitupun beberapa penyedap seperti soy sauce (biasanya disediakan di resto Jepang atau Asia Timur), garlic salt, dan onion salt. Hal serupa juga terjadi jika menyantap bakso atau mie ayam di pinggir jalan, garam meja yang disediakan pun megandug sodium.

Yang harus diperhatikan adalah kadar sodium yang dikonsumsi jumlahnya tidak boleh berlebihan. Untuk ukuran orang dewasa, sodium yang aman jumlahnya tidak lebih dari 3300 miligram. Ini sama dengan 1 3/5 sendok teh. Sodium yang terlalu banyak dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Nah, tekanan darah tinggi inilah yang mempengaruhi munculnya gangguan ginjal, penyakit jantung, dan stroke.


Saturated fat

Bahan lain yang biasanya terdapat dalam junk foof adalah saturated fat. Saturated fat berbahaya untuk tubuh, karena merangsang hati memproduksi banyak kolesterol. Di samping itu, jumlah saturated fat yang tinggi akan menimbulkan kanker terutama kanker payudara. Lemak dari daging, susu, dan produk-produk susu merupakan sumber utama saturated fat.

Gula

Beberapa junk food ditengarai banyak mengandung gula. Minuman bersoda, cake, dan cookies mengandung banyak gula dan sagat sedikit mengandung vitamin serta mineral.

Minuman bersoda paling banyak mengandung gula. Paling tidak satu kaleng minuman bersoda mengandung sembilan sendok teh gula. Padahal, kebutuhan gula dalm tubuh tidak boleh lebih dari empat gram atau satu sendok teh sehari. Parahnya lagi, minuman bersoda tidak hanya mengandung banyak gula, tetapi juga mengandung kafein dan zat-zat aditif lainnya. 

Kalau junk food terus dikonsumsi tanpa menu sehat yang seimbang, sudah pasti tubuh akan kekurangan sejumlah zat yang dibutuhkan. Metabolisme tubuh bisa terganggu dan jadi mudah terserang penyakit tertentu. Misalnya saja, dalam seminggu kita terus menurus jajan french fries dan es krim. French fries memang mengandung kalori cukup tinggi. 

Tapi jangan lupa, french fries digoreng cukup lama dalam minyak sehingga mengandung banyak garam serta lemak jenuh. Sedangkan es krim mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi. Bisa dibayangkan, dalam waktu seminggu tubuh hanya menerima kalori, garam, gula, dan lemak jenuh yang berlebihan. Padahal, setiap hari tubuh memerlukan vitamin, mineral, serat, dan zat gizi lainnya.

Sumber:
Dangerous Junk Food
Reni Wulan Sari, M. Kes dkk (2008) 

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by netdohoa | Support for this Theme dohoavietnam
Coolbthemes.com.